Choose Color

#

Setelah Emas SEA Games, Kini Zigi Membidik Olimpiade

30 Juni 2020

LAHIR dari keluarga sederhana pasangan suami istri Yuda Nadi dan Hustiani, seorang pemandu wisata di Lombok. Tak disangka remaja kelahiran Lingsar, Lombok Barat (Lobar),14 Januari 1998 ini mampu menorehkan segudang prestasi di level nasional hingga internasional.

Atlet yang bernama lengkap Ahmad Zigi Zaresta Yuda ini belum lama ini berhasil mendulang medali emas di SEA Games 2019 di kelas Kata perorangan putra. Ia menjadi satu-satunya atlet karate NTB yang pertamakali mengibarkan bendera meraih putih lewat prestasinya di olahraga karate. Dan saat ini ia ingin mewujudkan impiannya tampil di Olimpiade 2020.

Ahmad Zigi Zaresta Yuda yang dihubungi Suara NTB di Mataram, Kamis (25/6) kemarin mengatakan sejak kecil sudah menyukai olahraga bela diri karate. Sejak di Sekolah Dasar (SD) dia sudah ikut latihan karate.

Alasan Zigi menyukai olahraga beladiri asal Jepang ini karena dianggap sebagai salah satu olahraga yang mempunyai manfaat untuk menunjang kebugaran tubuh agar tetap terlihat sehat dan bugar. Selain itu olahraga karate sebagai media untuk pertahanan diri dari tindakan kejahatan

Berkat ketekunan berlatih dan didukung penuh oleh orang tua, tenyata Zigi mampu menguasai teknik beladiri karate jenis Kata atau seni gerak. Setelah mengusai teknik olahraga beladiri tersebut, Zigi pun memilih terjun di aren pertandingan.

Pertama kali ikut kejuaraan tingkat karate tahun 2006, Zigi langsung mempersembahkan medali perunggu. Kemudian di kejuaraan daerah tahun 2007 ia meraih medali perak dan Kejurda tahun 2008 meraih medali emas.

Tak sampai disitu, prestasi Zigi terus bersinar sampai di level nasional hingga internasional. Pertama kali tampil di event nasional tahun 2009, ia sudah mampu mendulang medali emas di Kejurnas INKAI di Surabaya tahun 2009. Selanjutnya menjuarai Kejurnas Piala Mendagri di Makasar tahun 2010.

Sukses menorehkan prestasi di event nasional, Zigi mendapat kesempatan mewakili Indonesia di berbagai event internasional. Belum lama ini ia berhasil mendulang medali emas di SEA Games 2019. Selain sukses di SEA Games, Zigi sudah berhasil meraih medali emas di event Word Karateka Federation (WLF) tahun 2015, saat itu ia meraih medali emas di Kata Junior. Selanjutnya medali perak di Asian Karateka Federation (AKF) Junior dan U-21 di Dubai tahun 2013. Serta meriah medali perunggu di Asian Games 2018.

Sukses menorehkan medali emas di event internasional, Zigi masih punya mimpi ingin berprestasi di Olimpiade tahun 2021. Saat ini ia sedang persiapan mengikuti beberapa event internasional untuk mengejar tiket Olimpiade. "Target saya tahun ini ingin ikut olimpiade Tokyo "ucapnya.