Choose Color

#

Intens Latihan, Rohani Difokuskan di Lompat Jauh

Nasri(Radar Lombok) 26 Agustus 2020

MATARAM--Meski PON ditunda ke 2021, Atlet atletik NTB, Rohani terus intens berlatih menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua. Rencananya ia akan fokus di lompat jauh menghadapi ajang multi event olahraga nasional itu.

Atlet Atletik Rohani mengatakan, untuk bisa meraih medali emas di PON XX Papua, dirinya akan difokuskan berlatih di nomor lompat jauh meskipun atlet asal Dompu itu telah lolos di dua nomor yang berbeda, yakni lompat jauh dan 100 meter lari gawang putri di multi event olahraga nasional itu. “Kalau melihat hasil Pra-PON, saya punya peluang di nomor lompat jauh Karena lompat jauh saya berhasil masuk peringkat dua nasional, sedang di lari gawang saya belum lolos limit PON meski meraih rengking tiga besar nasional,” katanya Senin (18/8).

Selain memiliki prestasi terbaik di lompat jauh, ia juga sudah melampaui limit PON di nomor tersebut. Catatan lompatnya di Pra-PON di Jakarta bulan Desember 2019 lalu, yakni 5 meter, 80 Center Meter (Cm). Catatan lompatan tersebut telah melampaui limit PON, 5 meter, 50 Cm. Itu artinya lompatannya lebih jauh 30 Cm dari limit PON.

Selanjutnya di nomor 100 meter gawang putri, dirinya belum melampaui limit PON meski meraih peringkat dua nasional. Catatan waktu terbaiknya usai meraih peringkat dua nasional di Pra-PON yakni 14.55 detik. Sementara limit PON 14,50 detik. Itu artinya, catatan waktu Rohani masih kurang 0,5 detik lagi dari limit PON. "Kalau di nomor 100 meter Gawang, saya dinilai tidak begitu berpotensi," lanjutnya.

Sementara itu, Pelatih Pelatnas Lompat Jauh Ari Yuniawan mengungkapkan, Meski belum meraih limit PON, namun Rohani dipastikan dapat ambil bagian di nomor 100 meter gawang di PON. Pasalnya di nomor tersebut baru dua atlet yang lolos limit PON . Itu artinya, Rohani bisa mendapatkan jatah tiket untuk turun di nomor tersebut, karena untuk dapat melombakan nomor tersebut minimal diikuti 8 peserta.

Dari dua nomor tersebut, Rohani akan difokuskan di lompat jauh, sebab Rohani masih bisa meningkatkan lompatannya di nomor lompat jauh. Hal itu telah dibuktikan oleh Rohani di beberapa kali latihan. Pasalnya, catatan lompatan terakhir Rohani latihan di Jakarta bulan Januari lalu sudah mencapai 6 Meter. “Secara peringkat, Rohani dipastikan bisa main di 100 meter gawang juga, karena dia masuk peringkat tiga besar nasional. Sementara salah satu syarat nomor tersebut dapat dilombakan harus di ikuti minimal delapan peserta,” pungkasnya (rie/*)