Waww…Bebas Biaya Kuliah Jika Berprestasi di Olahraga

KONI NTB – IKIP Mataram memberikan perlakuan khusus kepada mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga. Mereka akan memberikan penghargaan berupa beasiswa atau kuliah gratis kepada siswa berprestasi yang ingin kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Mataram itu.

Bidang Humas IKIP Mataram, Ismail Marzuki, mengatakan para siswa yang bakal mendapat kuliah gratis di IKIP Mataram adalah siswa yang berprestasi di bidang olahraga, seni, agama, sains dan bahasa.

“IKIP Mataram akan memberikan penghargaan berupa bantuan biaya pendidikan kepada alumni SMK, SMA, MA atau sederajat yang masuk IKIP Mataram melalui jalur prestasi dalam bidang olahraga, seni, agama, sains dan bahasa,” ucapnya.

Para atlet yang ingin mendaftar lewat jalur prestasi itu memiliki ketentuan atau persyaratan yang ditentukan pihak IKIP Mataram. Intinya, siswa memiliki prestasi atau meraih medali emas pada event tingkat regional NTB yang di gelar oleh cabor, KONI NTB atau Dinas terkait yang membidangi olahraga. Dan prestasi tersebut harus dibuktikan dengan piagam penghargaan yang dikeluarkan oleh pihak panitia kejuaraan olahraga.

Bagi siswa yang berprestasi olahraga tingkat provinsi akan diberikan penghargaan berupa beasiswa digratiskan biaya kuliah selama dua semester berturut-turut (semester satu dan semester dua). Kemudian bagi siswa yang berprestasi olahraga tingkat kabupaten/kota di NTB akan dibebaskan biaya kuliah selama satu semester.

Selain itu bagi siswa baru yang berprestasi pada event-event yang di gelar oleh IKIP Mataram akan dibebaskan biaya pendaftaran ulang.

Menurut Ismail, pemberian beasiswa untuk siswa berprestasi di bidang olahraga itu sudah disosialisasikan pihak petinggi IKIP NTB dengan beberapa pihak yang terkait dengan pembinaan olahraga. Terutama pihak Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB dan KONI NTB sudah mengetahui terkait penghargaan berupa bebas kuliah bagi siswa baru maupun lama yang kuliah di IKIP Mataram.(02)

Share this on your social media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *